Rabu, 02 Januari 2013

resep jajangmyun mie hitam ala korea


자장면 Jajangmyun
Bagi kalian yang sering menonton drama korea pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas satu ini.Jjajangmyun (Hangul: 자장면) atau black noodles sangat digemari oleh orang-orang Korea.
Bentuknya seperti mi biasa tetapi agak lebar dan ditambah dengan saus Jjajangmyun yang hitam. Mie hitam ini sebenarnya berasal dari kuliner Tionghoa (wilayah Beijing) yaitu zhajiangmian, tapi memiliki rasa yang berbeda dengan Jjangmyun dari Korea. Di Beijing, jjajangmyeon asli disajikan dengan saus yang beraneka macam dengan lebih memakai daging babi dibanding variasi dari Korea yang menggunakan banyak isi dari makanan laut. Jjajangmyun dan zhajiangmian juga memiliki komposisi saus yang hampir sama, namun saus jajangmyeon lebih kental dan hitam.
http://spectafood.files.wordpress.com/2012/06/523567995_af9186efa01.jpg?w=300&h=225
JJAJANGMYUN – Mie Hitam asli Korea Selatan
Ada fakta unik mengenai mie hitam ini. Jika pasangan sejoli memiliki hari spesial pada 14 Februari (Valentine’s Day) dan 14 Maret (White Day). Maka para jomblowan dan jomblowati di Korea memiliki hari special pada 14 April yang dikenal dengan istilah Black Day. Di “hari hitam” ini, para jombloers beramai-ramai berkumpul menikmati hari. Mereka berjalan-jalan di mall, hang-out di café sambil menggunakan pakaian serba hitam, dan memakan makanan berwarna hitam. Warna hitam ini menjadi rujukan karena atmosfir para jomblo yg dianggap “hitam”. Warna hitam seperti kita tahu, umum diasosiasikan dengan kondisi serius, tidak bersenang-senang, sedih / duka (Putus Cinta) Nah, mereka yg merayakan Black Day, wajib mencicipi Mie  Kegelapan alias Jjajangmyun.
Setelah mengetahui sejarah dan fakta unik dibalik mie hitam ini Anda pasti tertarik untuk mencicipinya. Nah, di sini kami akan memberikan resep membuat Jjajangmyun untuk dipraktekkan di rumah. Caranya mudah dan bahan-bahannya bisa ditemukan di pasar tradisional atau mini market.
BAHAN-BAHAN:   
600g mie basah
100g daging sapi
2 buah bawang bombai
1/2 buah zukini
2 buah kentang
1 sdm gula pasir
4 sdm air sagu
2 gelas air
7 sdm minyak
6 sdm saus Jjajangmyun yang disebut Chunjang
CARA MEMBUAT SAUS JJAJANGMYUN:
Saus jjajangmyun dibuat dari pasta kacang kedelai hitam yang disebut chunjang yang ditambahkan dengan bawang merah cincang, zukini dan daging merah atau makanan laut. Ketika memasak saus biasanya ditambahkan cornstarch (sejenis pati yang terbuat dari tepung jagung) agar saus jadi kental. Pasta kacang kedelai (chunjang) dibuat dari kedelai yang dipanggang (dibakar). Oleh karena itu, jajang mengandung arti saus yang digoreng walau sebenarnya saus dimasak dengan cara direbus.
CARA MEMBUAT JJAJANGMYUN:
Potong daging
Potong dadu bawang bombai, kentang, dan zukini
Goreng saus Jajangmyeon dengan 6 sdm minyak
Panaskan wajan dengan 1 sdm minyak lalu goreng bawang bombai
Kemudian masukkan daging sapi, zukini, dan kentang
Setelah bahan-bahan itu matang masukkan saus yang sudah digoreng
Aduk-aduk supaya merata lalu tuangkan air sagu
Setelah dididihkan selama 5 menit lagi matikan api.
Rebuslah mie lalu bilas dengan air.
Taruh mie dalam mangkuk besar dan tuangkan saus di atasnya.
Sajikan bersama dengan asinan lobak kuning.
NOTE:
http://spectafood.files.wordpress.com/2012/06/bowl-of-zucchini1.gif?w=150&h=133
ZUCCHINI
Zucchini atau zukini adalah salah satu jenis sayuran dari Italia. Bentuknya mirip mentimun hijau dengan tektur mirip terung, empuk, renyah dan berair. Sayuran ini rasanya sedikit manis dan banyak mengandung air. Biasanya diolah bersama kulitnya. Memiliki biji yang halus di bagian tengahnya. Ada yang besar, bentuk dan ukurannya mirip mentimun hijau, ada juga yang kecil seperti mentimun kecil. Bunga zukini juga renyah dan manis karena itu sering diolah sebagai campuran salad atau digoreng dengan adonan tepung. Zukini bisa dibeli di pasar swalayan.

4 komentar:

  1. annyong.............,boleh kasih pendapat sedikit ya........,menurutku.....tulisan kekecilan....dan warnanya kabur....mbacanya jadi ndak enak....Admin fighting!

    BalasHapus
  2. zukini bisa diganti ama terong gk?

    BalasHapus
  3. Saos chumjang nya gmna cara buat nya? Klo pun beli olshop mana? Soalnya d tmpt ku gak ada yg jualan

    BalasHapus